Rumah
BUMN Sawahlunto kembali mengadakan pelatihan dengan tema “Pelatihan dan
Pembinaan ‘Service Excellent untuk’ pelanggan” bagi umkm yang merupakan mitra
binaan Rumah BUMN PT. Bukit Asam Tbk di Sawahlunto. Acara yang dihadiri oleh 15
orang mitra binaan yang mewakili berbagai macam sektor usaha ini diadakan
dengan mengikuti standar protocol kesehatan keamanan covid-19, pelatihan yang
diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 15 September 2021 yang berlangsung di
Rumah BUMN Sawahlunto, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, adalah bentuk dari
pembinaan yang dilakukan oleh PT. Bukit Asam Tbk. demi mencapai mitra binaan
yang mandiri dan sejahtera.
Acara dimulai dari pukul 09.00 sampai
pukul 15.00 WIB, dengan PIC Pengelola Rumah BUMN
PT. Bukit Asam Tbk. Sawahlunto dibuka oleh General Manager PT. Bukit Asam Tbk.
Pertambangan Ombilin, Bapak Yulfaizon, lalu dilanjutkan oleh Asisten Manajer
Bina Mitra Bapak Arkoni dengan laporan kegiatan dari pelatihan dan terakhir
materi dari Bapak Marutha Kristian yang memaparkan bagaimana memberikan
pelayanan yang baik untuk para pelanggan dari mitra binaan.
Materi
yang disampaikan meliputi kajian produk yang dihasilkan dari mitra, tatanan
tempat usaha, manajemen dari mitra binaan, pemasaran dan pelayanan yang
merupakan kunci terakhir dalam menjalankan usaha.
Setiap orang pasti ingin
mendapatkan pelayanan terbaik saat membeli atau memakai suatu jasa/barang dalam
suatu penyedia usaha. Pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan atau
merasa dihargai oleh pihak yang menjalankan usaha. Jika
mitra binaan tidak mampu memberikan pelayanan yang memuaskan, tentu ini membuat
para pelanggan merasa kecewa. Dampaknya, mitra binaan akan kehilangan
kepercayaan dari para pelanggan.
Pelayanan
prima adalah melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada para pelanggan dengan
tujuan memberikan kepuasan kepada para pelanggan.
Setiap
usaha pasti memiliki saingan dengan usaha lain yang menjual barang atau jasa
serupa. Dalam hal ini, service excellent bisa menjadi nilai tambah bagi mitra
binaan yang memilikinya. Pelayanan prima yang diberikan bisa menumbuhkan
kepercayaan sekaligus mempertahakan loyalitas pelanggan agar tetap
berlangganan. Kepercayaan dan loyalitas dari para pelanggan akan bisa
mengamankan masa depan mitra binaan. Oleh karena itu, pelayanan prima harus
dilakukan dengan tulus dan terus menerus demi memenangkan hati para pelanggan.
Berikut adalah tujuan dari service excellent:
Beberapa hal yang harus dilakukan oleh mitra binaan dalam
memberikan pelayanan prima:
Re-profiling usaha kita berdasarkan 4W + 1H:
Para peserta pelatihan mengungkapkan dengan
adanya pelatihan ini, mereka mendapatkan edukasi, inspirasi dan motivasi serta
semangat untuk meningkatkan daya saing dan produktifitas dalam meningkatkan
usahanya. Mereka mengharapkan acara ini dapat dilanjutkan sehingga edukasi yang
diberi berkelanjutan.