Pelatihan "Service Excellent" untuk Pelanggan

15 September 2021
Uncategorized
Keterangan Foto : Seorang ibu pemilik UMKM sedang belajar promosi katalog di smartphonenya

Rumah BUMN Sawahlunto kembali mengadakan pelatihan dengan tema “Pelatihan dan Pembinaan ‘Service Excellent untuk’ pelanggan” bagi umkm yang merupakan mitra binaan Rumah BUMN PT. Bukit Asam Tbk di Sawahlunto. Acara yang dihadiri oleh 15 orang mitra binaan yang mewakili berbagai macam sektor usaha ini diadakan dengan mengikuti standar protocol kesehatan keamanan covid-19, pelatihan yang diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 15 September 2021 yang berlangsung di Rumah BUMN Sawahlunto, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, adalah bentuk dari pembinaan yang dilakukan oleh PT. Bukit Asam Tbk. demi mencapai mitra binaan yang mandiri dan sejahtera.

Acara dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 15.00 WIB, dengan PIC Retno Ayuning Pangestu selaku Pengelola Rumah BUMN PT. Bukit Asam Tbk. Sawahlunto dibuka oleh General Manager PT. Bukit Asam Tbk. Pertambangan Ombilin, Bapak Yulfaizon, lalu dilanjutkan oleh Asisten Manajer Bina Mitra Bapak Arkoni dengan laporan kegiatan dari pelatihan dan terakhir materi dari Bapak Marutha Kristian yang memaparkan bagaimana memberikan pelayanan yang baik untuk para pelanggan dari mitra binaan.

Materi yang disampaikan meliputi kajian produk yang dihasilkan dari mitra, tatanan tempat usaha, manajemen dari mitra binaan, pemasaran dan pelayanan yang merupakan kunci terakhir dalam menjalankan usaha.

Setiap orang pasti ingin mendapatkan pelayanan terbaik saat membeli atau memakai suatu jasa/barang dalam suatu penyedia usaha. Pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan atau merasa dihargai oleh pihak yang menjalankan usaha. Jika mitra binaan tidak mampu memberikan pelayanan yang memuaskan, tentu ini membuat para pelanggan merasa kecewa. Dampaknya, mitra binaan akan kehilangan kepercayaan dari para pelanggan.

Pelayanan prima adalah melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada para pelanggan dengan tujuan memberikan kepuasan kepada para pelanggan.

 

Setiap usaha pasti memiliki saingan dengan usaha lain yang menjual barang atau jasa serupa. Dalam hal ini, service excellent bisa menjadi nilai tambah bagi mitra binaan yang memilikinya. Pelayanan prima yang diberikan bisa menumbuhkan kepercayaan sekaligus mempertahakan loyalitas pelanggan agar tetap berlangganan. Kepercayaan dan loyalitas dari para pelanggan akan bisa mengamankan masa depan mitra binaan. Oleh karena itu, pelayanan prima harus dilakukan dengan tulus dan terus menerus demi memenangkan hati para pelanggan.

Berikut adalah tujuan dari service excellent:

  • Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pelanggan
  • Memberikan informasi selengkap mungkin secara jelas agar pelanggan membeli barang atau jasa yang ditawarkan
  • Menciptakan kepercayaan dari pelanggan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan
  • Memberikan kepuasan kepada para pelanggan atas pelayanan yang diberikan
  • Untuk menghindari berbagai macam keluhan, tuntutan atau pengaduan dari pelanggan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan
  • Agar pelanggan merasa dihargai, diperhatikan dan diperlakukan secara baik
  • Untuk menumbuhkan dan mempertahankan kepercayaan serta loyalitas dari pelanggan terhadap barang atau jasa yang dijual

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh mitra binaan dalam memberikan pelayanan prima:

  • Menguasai informasi tentang usaha yang dijalankan beserta produk atau jasa yang dijual
  • Mengenali siapa pelanggan dan apa kebutuhan mereka
  • Memberikan pelayanan secara ramah, sopan dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  • Mendengarkan keluhan dengan baik dan berupaya memberikan solusi secara cepat dan tepat
  • Meminta maaf apabila melakukan kesalahan

Re-profiling usaha kita berdasarkan 4W + 1H:

  • What; Apa saja produk Anda? Mana yang terlaris?
  • Who; Siapa spesifik target pasar Anda? Usia, gender, status, profesi, penghasilan.
  • Where; Di mana mereka biasa berkumpul? Di mana mereka tinggal? Dari mana mereka datang? Ke mana mereka akan pergi?
  • Why; Kenapa (alasan) mereka mau membeli? Apa manfaatnya? Apa perbedaan dibandingkan dengan yang lain?
  • When; Kapan mereka akan membeli?
  • How often; Seberapa sering (frekuensi) mereka beli?

Para peserta pelatihan mengungkapkan dengan adanya pelatihan ini, mereka mendapatkan edukasi, inspirasi dan motivasi serta semangat untuk meningkatkan daya saing dan produktifitas dalam meningkatkan usahanya. Mereka mengharapkan acara ini dapat dilanjutkan sehingga edukasi yang diberi berkelanjutan.

 


Penulis : Rumah BUMN PT. Bukit Asam Tbk. Sawahlunto

Berita Terkait