Berita Terkini

Pelatihan Sosialisasi Pengembangan Usaha Ternak Unggas Petelur 15 November 2021


Hari Senin, tanggal 15 November 2021, diadakan Pelatihan Sosialisasi Usaha Pengembangan Ternak Unggas. Fokus utama kegiatan pelatihan ini adalah mengedukasi peternak unggas se-Kota Sawahlunto yang berasal dari perwakilan setiap desa dana atau kelurahan, agar dapat mengetahui pemanfaatan dan pengolahan lahan dengan mengusahakan budidaya ternak unggas petelur, peningkatan populasi dan produksi ternak unggas petelur dan pengadaan pupuk organic.

Sasaran kegiatan ini adalah peternak unggas yang berawal dari perwakilan setiap desa/keluarahan Kota Sawahlunto.

Acara yang dihadiri oleh 137 orang ini diadakan dengan mengikuti standar protocol kesehatan keamanan covid-19, pelatihan yang diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 15 November 2021 yang berlangsung di Hall Serbaguna PT. Bukit Asam Tbk. Pertambangan Ombilin, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, adalah bentuk dari kerja sama oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto dengan oleh PT. Bukit Asam Tbk. demi meningkatkan pendapatan peternak yang berasal dari ternak unggas petelur, membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

Acara dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 15.00 WIB, dibuka oleh sambutan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Ibu Heni Purwaningsih, lalu sambutan dari Asisten Manager Kepegawaian Umum PT. Bukit Asam Tbk. Pertambangan Ombilin, Bapak Alman Syarif, lalu dibuka oleh Walikota Sawahlunto, Bapak Deri Asta. Selanjutnya, pemaparan materi dari Tim dari PT. Rajawali. yang memaparkan bagaimana pengembangan ternak unggas dengan baik.

Materi yang disampaikan meliputi penyebab utama bagaimana membuka usaha ternak petelur, pengolahan pakan murah untuk ternak unggas petelur, pengelolaan budidaya dan kesehatan untuk ternak unggas petelur.

 

 

Cara-cara unguk membuka usaha ternak unggas petelur meliputi:

<!--[if !supportLists]-->1.     <!--[endif]-->Buat perencanaan bisnis. Hal ini diperlukan agar risiko yang akan dihadapi bisa diminimalisir. Anda bisa mencari berbagai informasi dan referensi dari berbagai sumber mengenai informasi tentang bisnis ternak ayam petelur ini, mulai dari modal dan bagaimana cara memasarkan telur ayam tersebut, serta skala dari bisnis yang akan Anda buat ini. Dengan begitu, akan membantu Anda dalam melakukan pemantauan dari perkembangan bisnis ternak ayam petelur Anda.

<!--[if !supportLists]-->2.     <!--[endif]-->Siapkan lokasi kandang. Tempat menjadi pondasi utama yang tidak boleh sampai terlewatkan dan harus benar-benar diperhitungkan. Sebab, ternak ayam sangat berisiko menimbulkan bau yang tidak sedap akibat kotoran dari hewan tersebut. Selain faktor bau kotoran kotoran dari ayam, risiko penularan penyakit ke manusia juga cukup besar, contohnya flu burung. Maka untuk mencegah hal tersebut sebaiknya pilih lokasi kandang yang jauh dari pemukiman warga. Dari faktor lainnya, yaitu kemungkinan ayam akan stres ketika kondisi dari lingkungan kandangnya terlalu berisik.  Tapi jangan lupa juga, usahakan lokasi kandang mudah dijangkau agar mudah ketika melakukan perawatan. Dan akan lebih baik jika lokasi kendang tersebut merupakan lokasi yang tetap, alias tidak akan berpindah-pindah.

<!--[if !supportLists]-->3.     <!--[endif]-->Tentukan jenis kandang.

<!--[if !supportLists]-->4.     <!--[endif]-->Pilih bibit yang unggul.

<!--[if !supportLists]-->5.     <!--[endif]-->Pemberian Makanan. Ayam biasanya diberikan berbagai jenis makanan seperti, sentrat, tepung ikan, jagung yang sudah digiling, dan juga dedak. Semua makanan tersebut memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing. Yang paling penting, makanan untuk ayam harus memiliki unsur protein, karbohidrat, kalsium, mineral serta vitamin yang tinggi.

<!--[if !supportLists]-->6.     <!--[endif]-->Vaksinasi merupakan cara agar nutrisi serta vitamin untuk ayam dapat terjaga. Vaksin juga membantu ayam agar memiliki daya tahan tubuh yang baik. Dan biasanya, vaksin ini diberikan dengan cara mencampurkan pada makanannya langsung. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan cek kesehatan ayam secara rutin.

 

 

 

Pengolahan pakan murah untuk ternak unggas petelur:

<!--[if !supportLists]-->a.     <!--[endif]-->Bekatul. Bekatul adalah dedak padi yang berasal dari limbah pengolahan padi menjadi beras. Bekatul memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Bekatul juga mengandung serat kasar sebesar 11-12 persen. Sayangnya penggunaan bekatul harus dibatasi karena sulit dicerna oleh mandung. Bekatul yang berkualitas apabila digenggam kuat dan apabila dilepas kembali tetap menempel satu sama lain. Meskipun memiliki tekstur kasar, bekatul juga memiliki versi tekstur halus. Usahakan untuk menggunakan bekatul dengan tekstur halus karena vitamin B dan protein yang terkadung lebih tinggi.

<!--[if !supportLists]-->b.     <!--[endif]-->Minyak berguna untuk memudahkan pencampuran pada pakan. Minyak mengandung energi metabolis tinggi, yaitu 7.000-8.000 kkal/kg. Untuk mendapatkan kalori tertinggi Anda bisa menggunakan minyak ikan. Minyak juga dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi makanan, memperbaiki warna dan tekstur, mengurangi debu, dan menjaga rasa makanan. Cara penggunaannya dengan hanya menyemprotkan pada pakan.

<!--[if !supportLists]-->c.     <!--[endif]-->Singkong memiliki energi metabolis yang cukup tinggi, namun memiliki kandungan protein yang rendah, yaitu hanya 2-3%. Untuk mengolahnya menjadi bahan pakan ayam pun baiknya tidak lebihdari 20% dari total rancum karena dapat menyebabkan feses basah. Sebelum diolah menjadi makanan ayam, pastikan singkong dijemur dahulu sampai menjadi gaplek.

<!--[if !supportLists]-->d.     <!--[endif]-->Pollard adalah dedak gandum yang berasal dari limbah proses pengolahan gandum menjadi tepung terigu. Sama seperti dedak padi, pollar juga memiliki serat kasar sebesar 7-9%. Pollar juga mengandung 15% protein dan 3-4% lemak. Batasi juga penggunaan pollard karena dapat menyebabkan mandung mencret.

Cara membuatnya yaitu:

<!--[if !supportLists]-->1.     <!--[endif]-->Lakukan penjemuran yang akan digiling dan dicampurkan selama 1-2 minggu hingga kering.

<!--[if !supportLists]-->2.     <!--[endif]-->Gabungkan semua bahan dan aduk hingga merata. Anda juga menggunakan mesin penghalus agar hasil lebih maksimal.

<!--[if !supportLists]-->3.     <!--[endif]-->Jika sudah tercampur dengan baik, lakukan penjemuran lagi sekitar 1-2 hari untuk mendapatkan hasil kering yang lebih optimal. Anda juga bisa menggunakan terpal agar lebih cepat kering.

<!--[if !supportLists]-->4.     <!--[endif]-->Setelah kering lakukan tuangkan ke ember dan berikan suplemen tambahan untuk mempercepat pertumbuhan mandung petelur dan meningkatkan produktivitas telur.

<!--[if !supportLists]-->5.     <!--[endif]-->Lakukan pemisahan di wadah dan juga pemberian empan dengan baik

<!--[if !supportLists]-->6.     <!--[endif]-->Saat pemberian pakan, tambahkan air secukupnya dan aduk hingga merata.

 

Pengelolaan ayam petelur harus memperhatikan:

<!--[if !supportLists]-->a.     <!--[endif]-->Jenis ayam petelurnya.

<!--[if !supportLists]-->b.     <!--[endif]-->Lokasi harus jauh dari keramaian/rumah penduduk, mudah dijangkau dari pusat-pusat pemasaran dan bersifat menetap.

<!--[if !supportLists]-->c.     <!--[endif]-->Adanya kandang yang dapat menjaga suhu, kelembaban dan pencahayaan.

<!--[if !supportLists]-->d.     <!--[endif]-->Peralatan kandang yang memadai dengan ada tempat makan, tempat minum, tempat ransum dan tempat suplemen.

<!--[if !supportLists]-->e.     <!--[endif]-->Sistem penerangan yang memadai, alas lantai, tempat betelur, tempat bertengger.

Untuk kesehatan ternak unggas petelur, yang dapat diperhatikan:

<!--[if !supportLists]-->1.     <!--[endif]-->Sanitasi. Lingkungan peternakan harus dijaga selalu bersih agar tidak ada kesempatan bagi bibit penyakit untuk berkembang. Kondisi litter di dalam kandang harus dibuat selalu kering. Segera ganti litter yang sudah lembap karena air hujan atau penumpukan kotoran.

<!--[if !supportLists]-->2.     <!--[endif]-->Air minum. Kualitas air minum ternak bisa dilakukan dengan penambahan probiotik pada air minum. Penambahan tersebut bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh ayam menjadi selalu prima sehingga produktivitas ayam dapat lebih meningkat.

<!--[if !supportLists]-->3.     <!--[endif]-->Vitamin berguna sebagai asupan nutrisi tambahan untuk ayam sehingga kondisi kesehatan ayam bisa lebih baik. Vitamin juga bisa digunakan untuk mencegah ayam stres. Vitamin yang bisa diberikan adalah Topmix, Arsomix, Micromix 2000, Rhodimix 22, Rhodimix 273, Rhodimix CF3, dan Rodimix 784. Vitamin tersebut bisa diberikan dengan cara dicampur ke dalam pakan.

<!--[if !supportLists]-->4.     <!--[endif]-->Kebersihan kandang menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi jika ayam ingin tetap sehat dan berproduksi dengan prima. Kebersihan bisa dilakukan dengan menerapkan biosekuriti yang ketat. Kandang yang akan digunakan harus disemprot dengan cairan desinfektan. Pekerja yang keluar masuk kandang juga harus disemprot. Cairan desinfektan yang dapat digunakan adalah Istam, Istam 20, Primadine, Pristam, dan Prophyl.

<!--[if !supportLists]-->5.     <!--[endif]-->Pemberian vaksin dapat membuat ternak menjadi lebih kebal terhadap berbagai jenis penyakit berbahaya dan mematikan. Pemberian vaksin harus dilakukan dengan benar dan teratur agar vaksin bisa bekerja secara efektif. Pemberian dilakukan sesuai dengan umur ayam dan sudah diberikan pada ayam mulai dari umur 1 hari hingga 40 minggu.

 

Adanya kerja sama dari Dinas Pemerintah Kota dengan PT. Bukit Asam Tbk. dan masyarakat Sawahlunto ini membantu peternak unggas petelur agar dapat mengetahui bagaimana pengolahan pakan murah, pengelolaan, budidaya dan kesehatan untuk ternak unggas petelur. Secara garis besar, dengan adanya sosialisasi usaha pengembangan ternak unggas petelur ini, itu dapat meningkatkan, menumbuhkembangkan usaha dan perekonomian di Kota Sawahlunto,